Penulis / NIM
NURHAYATI NOHO / 911413031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Noho, 911 413 031, 2017. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Dr.H.Usman Moonti, M.Si dan Ibu Hj.Irawati Abdul, SE, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 20% dari 206 jumlah siswa atau setara dengan 41 siswa. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan angket atau kuisioner kepada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini yaitu data primer.
Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun besar pengaruhnya yaitu sebesar 0,595. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 59,5% variabilitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat dijelaskan oleh motivasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 40,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Download berkas