Penulis / NIM
RUKMIN S. DJAFAR / 911413034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Rukmin S. Djafar, 911413034 "Pengaruh Disiplin Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Boliyohuto Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd dan Ivan R. Santoso, SE.I, MSI selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Disiplin Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Boliyohuto Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana. Jumlah populasi 118 orang siswa dan sampel yang di ambil berjumlah 30 orang siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dan diuji sesuai dengan uji validitas yang menunjukkan instrumen itu valid, uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan variabel X dan variabel Y reliabel. Sedangkan uji normalitas yang menunjukkan bahwa variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa displin memberikan kontribusi sebesar 79,4% terhadap aktivitas belajar siswa dan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Hasil pengujian regresi linear sederhana ditemukan bahwa pengaruh positif dan signifikan antara displin dengan aktivitas belajar dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Y = 6,193 + 0,908 X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah disiplin berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Boliyohuto. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkat disiplin siswa maka akan semakin meningkat pula aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci : Disiplin dan Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas