Penulis / NIM
SULASTRI ABAS / 911413035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Sulastri Abas, NIM 911 413 035. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muhammad Amir Arham, M.E dan pembimbing II Bapak Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian adalah sisa yang diberikan tindakan sebanyak 29 orang, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilanjutkan pada tahap penelitian yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dimana pada observasi awal terdapat presentase 48,28% yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum, pada siklus I meningkat menjadi 68,97% dan pada siklus II meningkat lagi 93,10%. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa "jika model pembelajaran Word Square diterapkan, maka hasil belajar siswa akan meningkat pada mata pelajaran Ekonomi dikelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo" telah teruji dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Word Square
Download berkas