Penulis / NIM
ZEIN HARIYANTI UGE / 911413036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Zein Hariyanti Uge, 2017. Nim 911 413 036 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo" Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Hj. Irawatii Abdul, SE., M.Si dan Pembimbing II. Rustam Tohopi,S.Pd.,M.Si.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran ekonomi dikelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 28 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, output. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan analisis refleksi. Teknik analisis data dilaksanakan pada saat proses pembelajaran yakni lembar kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa kemudian pada akhir pembelajaran dilakukan tes hasil belajar.
Hasil penelitian pada proses pembelajaran terjadi peningkatan yang signifikan dilihat dari Siklus I sebesar 75% meningkat pada Siklus II sebesar 89,28% dengan rata-rata daya serap 75,89 naik menjadi 92,14. Telah teruji dan dapat diterima. Dengan demikian simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS -1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo tahun 2016/2017.
Kata Kunci : Metode Problem Solving dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas