Penulis / NIM
LISPAWATY LAPUNGU / 911413039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Lispawaty Lapungu, Nim 911 413 039..."Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Hj. Irawati Abdul, SE. M.Si. selaku pembimbing I dan Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian untuk mengukur seberapa besar Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Dengan variabel X yaitu: Penerapan Model Cooperative Script dan variabel Y yaitu: Motivasi Belajar Siswa, sesuai dengan metode penelitian maka data yang diperoleh dari penyebaran angket dianalisis secara statistika dengan menggunakan uji regresi.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan determinasi, di peroleh nilai Pengaruh Penerapan Model MembelajaranCooperative Script Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bonebolango adalah sebesar 21,0% dan sisanya 79% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : Model Cooperative Script, MotivasiBelajarSiswa
Download berkas