Penulis / NIM
ARLAN AGUS / 911413043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Arlan Agus Nim 911 413 043 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative tipe Take And Give pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bonebolango". Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Dra.Hj. Salma Bowtha., M.Pd dan Rustam Tohopi, S.Pd.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Take And Give pada Kelas VIIa di SMP Negeri 1 Bulango Utara.
Metode Penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 23 orang siswa dengan 15 orang laki-laki dan 8 orang perempuan di Kelas VIIa di SMP Negeri 1 Bulango Utara, Pada mata pelajaran IPS terpadu ekonomi.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 23 orang siswa terdapat 16 orang siswa (69,57%) memperoleh nilai di atas 70, dan 7 orang siswa (30,43%) memperoleh nilai kurang dari 70 dengan nilai rata-rata kelas (72,56%). Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 23 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 21 orang siswa (91,30%) memperoleh nilai 70 keatas dan 2 orang sisanya (8,70%) memperoleh nilai kurang dari 70 kebawah dengan nilai rata-rata kelas (81,09%) dan 2 orang siswa yang belum tuntas di remedial kembali dengan tujuan agar hasil belajarnya bisa mencapai ketuntasan.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Take And Give.
Download berkas