Penulis / NIM
NORMA S. UMAR / 911413045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Norma S Umar, nim: 911413045, Analisis Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dan Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Hj. Heldy Vanni Alam, M.Si. dan pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo, Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah post test untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII1 yang berjumlah 25 siswa dan VII3 berjumlah 23 siswa di SMP Negeri 1 Botumoito. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Saintifik dan pembelajaran konvensional di kelas VII. Ini berarti bahwa Pendekatan Saintifik lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Konvensional Dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas