Penulis / NIM
SRI MEGI SASMITA PAKAYA / 911413047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Sri Megi Sasmita Pakaya, Nim 911 413 047 "Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dikelas VIIIa SMP Negeri Tangagah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan" Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku pembimbing I dan Rustam Tohopi S.Pd., M.Si selaku pembimbing II.
Rumusan masalah penerapan metode pembelajaran inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIIIa SMP Negeri Tangagah Kabupaten Bolaang mongondow selatan meningkat?. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajar IPS kelas VIIIa SMP Negeri Tangagah Kabupaten Bolaang Mongongow Selatan.
Metode penelitian tindakan kelas ini. Dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa. Variabel penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, prosedur dan analisis refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar test untuk mengukur hasil belajar siswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah menjawab hipotesis yang berbunyi "jika guru menggunakan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPS dikelas VIIIa SMP Negeri Tangagah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan meningkat" dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 7.40% hasil observasi awal menjadi 39.13% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 86.96% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 78.58% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik 57.14% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.
Kata kunci : Hasil belajar, metode pembelajaran Inquiry
Download berkas