Penulis / NIM
SRI MUKMINAWATI RAJAK / 911413053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Sri M Rajak. 911 413 053. 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTs Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Bapak Ivan R. Santoso, SE.I., M.SI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MTs Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif hal tersebut karena data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket kepada siswa MTs Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer yang diolah menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Kompetensi Profesional Guru pada Mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTs Al-Khairat Paguat Kabupaten Pohuwato terhadap Hasil Belajar Siswa. Nilai Koefisien regresi dengan arah positif menunjukan terdapat pengaruh yang positif Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato. Sementara sebesar 12,0% variabilitas Hasil Belajar Mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato dapat dijelaskan oleh Kompetensi Profesional Guru, sedangkan sisanya sebesar 88,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Siswa
Download berkas