Penulis / NIM
DEFRIYANTI RAUF / 911413067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Defriyanti Rauf, Nim 911 413 067 "Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Tilango Kabupaten Gorontalo ". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dra. Hj. Salma Z. Bowtha, M.Pd selaku pembimbing I dan Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Tilango Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji hipotesis analisis korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti dapat mengemukakan bahwa hubungan variabel X (Disiplin Belajar) dengan variabel Y (Hasil Belajar Siswa) adalah sebesar 26,8%. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan disiplin belajar yang signifikan dengan hasil belajar siswa dan sisanya 73,2% merupakan hubungan dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti perhatian orang tua dan lain sebagainya.
Kata kunci : Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas