Penulis / NIM
WAHYUNINGSIH TANGAHU / 911413074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuningsih Tangahu, 911 413 074. " Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tingkat SMP Kota Gorontalo" Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. RosmanIlato, M.Pd Pembimbing II Bapak Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi tingkat SMP Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi tehnik analisis data adalah:
Terdapat kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi "pengaruh bimbingan belajar terhadap tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi tingkat SMP Kota Gorontalo" dapat diuji kebenarannya atau dapat diterima. Dari hasil perhitungan persamaan regresi Y = 19,939 + 0,694 X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan pada tingkat pemahaman siswa (satu) unit diikuti perubahan rata-rata didalam bimbingan belajar sebesar 19,939%, sedangkan 0,694 pada persamaan tersebut merupakan nilai variabel Y tanpa konstribusi dari variabel X.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukan bahwa pengaruh variabel X (bimbingan belajar) terhadap variabel Y (tingkat pemahaman siswa) 57,8 % yang terjadi pada tingkat pemahaman siswa.
Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari bimbingan belajar terhadap tingkat pemahaman belajar siswa SMP di Kota Gorontalo pada mata pelajaran ekonomi.
Kata kunci : Bimbingan Belajar, Tingkat Pemahaman, Khususnya Di Lembaga Bimbingan Belajar Genius
Download berkas