Penulis / NIM
SULIATIN / 911413084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
SULIATIN, 911 413 084. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Di MAN LIMBOTO Kab Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd selaku pembimbing I dan Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran interaktif tipe think pair share pada siswa kelas XI Di MAN Limboto Kabupaten Gorontalo
Model yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 25 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, output. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan analisis refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan untuk menilai lembar kegiatan guru, lembar kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Tehnik analisis data dilaksanakan pada saat proses pembelajaran yakni lembar kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa kemudian pada saat akhir pembelajaran dilakukan tes hasil belajar.
Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi "jika guru dalam mengajar menerapkan model pembelajaran interaktif tipe think pair share maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI MAN Limboto Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 32.00% hasil observasi awal menjadi 56.00% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 88.00% pada siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori baik dan baik sekali meningkat dari 46.16% pada siklus I menjadi 88.89% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk dalam kategori baik dan sangat baik meningkat dari 41.17% pada siklus I menjadi 88.23% pada siklus II. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh pihak sekolah untuk menerapkan model pembelajaran interaktif tipe think pair share pada saat pembelajaran.
Kata kunci : Hasil Belajar siswa model pembelajaran interaktif, dan Think pair Share
Download berkas