SKRIPSI

Penulis / NIM
DEANTI KARIM / 911413089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Deanti Karim, Nim 911413089, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Di Kelas X Marketing SMK Negeri Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan" Kosentrasi Tataniaga, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II: Roy Hasiru S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Marketing pada mata pelajaran pemasaran di SMK Negeri Posigadan. Setting penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dalam penelitian diawali dengan perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan, dan melakukan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas X Marketing SMK Negeri Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Alasan peneliti memilih metode Penelitian Tindakan Kelas, sebagai berikut (1) Hasil belajar siswa kurang memuaskan, rata-rata kelas sebesar 70 dan banyak siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM yang telah ditentukan yakni 75; (2) kelas tersebut susah dikondisikan dalam pembelajaran dibandingkan dengan kelas lain, Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan , maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan meningkat dari 32% pada saat observasi awal menjadi 64,63% setelah pelaksanaan siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,36% setelah pelaksanaan siklus II setelah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada kelas X Marketing SMK Negeri Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Pada Mata Pelajaran Pemasaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011