Penulis / NIM
NUGRAHA ANGGUN SAPUTRA HALID / 911413095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Nugraha Anggun Saputra Halid Nim 911 413 095 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitatir And Explaining Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas XI SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo". Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. H. Usman Moonti., M.Si dan Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining pada Kelas XI BP 1 di SMK Gotong Royong Telaga.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 29 orang siswa dengan 18 orang laki-laki dan 11 orang perempuan di Kelas XI BP 1. Pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 29 orang siswa terdapat 19 orang siswa (65.52%) memperoleh nilai 75 dengan nilai rata-rata kelas 73,62. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 29 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 25 orang siswa (86.21%) memperoleh nilai >75 dan 4 orang sisanya (13.79%) meperoleh nilai kurang dari
Download berkas