Penulis / NIM
AEP SAIFUDIN / 911413099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Aep Saifudin, Nim: 911413099, Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ulangan Harian Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muhammad Amir Arham, M.E. dan Pembimbing II Ibu Sri Indriyani S Dai, SE, ME.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ulangan Harian Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII DI SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 290 orang siswa dan sampel dengan menggunakan Random Sampling yang mengacu kepada pendapat Arikunto dengan menggunakan presentase 25% maka diperoleh sampel sebanyak 72 orang siswa.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan diuji sesuai dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, hipotesis, korelasi, dan uji t (analisis varians) menunjukan bahwa data penelitian kesemuanya adalah valid, reliabel, berdistribusi normal, terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y, terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y, dan signifikan (berarti).
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar ulangan harian siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok dan Hasil Belajar Ulangan Harian Siswa.
Download berkas