SKRIPSI

Penulis / NIM
MELDA HERLINA / 911413101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Melda Herlina, Nim 911413101. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X APK DI SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi S.Pd.M.Pd dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag.M.Ag selaku Pembimbing I dan Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (dan model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran Ekonomi materi permintaan dan penawaran di kelas X APK Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian Classical Experimental Design. Pilihan analisis data yang digunakan yaitu independent sampel t-test pada tiga set data dari kelompok sampel yang berbeda. Adapun jumlah sampel penelitian 83 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki rata-rata 86,39 lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Inquiry memiliki rata-rata 82,48, dan hasil belajar siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan inquiry memilki rata-rata 81 lebih rendah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dari kedua model yang diterapkan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Inquiry, dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011