Penulis / NIM
OKTAVIANITA ZUBAEDA / 911413108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Oktavianita Zubaeda. 911 413 108. Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Produk Keahlian Kewirausahaan (PKK) Di Jurusan Tata Busana SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku Pembimbing I dan Hi. Agil Bahsoan, S. Ag, M.Ag selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran (PKK) Produk keahlian Kewirausahaan Kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK N 2 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik uji regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar siswa pada proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa kebiasaan belajar dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kemudian variabilitas antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produk keahlian kewirausahaan sebesar 77,6%. Hal ini berarti 77,6% variasi yang terjadi pada variabel Y (prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produk keahlian kewirausahaan) dapat dijelaskan oleh variabel X (kebiasaan belajar), sedangkan sisanya 22,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kebiasaan belajar siswa, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas