Penulis / NIM
SUKRIYANTO SY. ADAM / 911413110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Sukriyanto Adam, Nim 911 413 110 "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK ALMAMATER TELAGA DI KELAS XI TKJ KABUPATEN GORONTALO" Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Konsentrasi PerkantoranJurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan pembimbing II.
Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan analisis refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar test untuk mengukur hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah menjawab hipotesis yang berbunyi "Jika guru menerapkan Model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam pembelajaran Kewirausahaan, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo" dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 23,33% hasil observas iawal menjadi 50% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,33% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 79,13% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 31,82% pada siklus I menjadi 81,82% pada siklus II.
Kata kunci: HasilBelajar, Group Investigation (GI)
Download berkas