Penulis / NIM
FITRIYANTI MAANI / 911413121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyanti Maani. 911413121. "Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Kelas X TBP SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Kelas X TBP SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan yang diuji sesuai dengan uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment yang menunjukkan instrument itu valid, uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan variabel X dan variabel Y reliabel. Kemudian dilakukan uji normalitas yang menunjukkan bahwa variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian koefisien detrminasi menunjukkan bahwa pengelolaan kelas memberikan kontribusi sebesar 41,8 persen terhadap minat belajar siswa dan sisanya 58,2 persen dipengaruhi oleh variabel lain. Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada suatu mata pelajaran, hendaknya seorang guru selalu memperhatikan pengelolaan kelas. Sebab dengan pengelolaan kelas yang baik, suasana kelas menjadi lebih kondusif dan minat siswa pada mata pelajaran tersebut akan meningkat.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas dan Minat Belajar Siswa
Download berkas