Penulis / NIM
LITA ROSIANA S. JUPANDANG / 911413122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Lita Rosiana Djupandang Nim 911 413 122 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SMA Negeri 2 Gorontalo Utara. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Irina popoi.M.Pd., Melizubaida Mahmud S.Pd M.Si.
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada Kelas XI IPS2 di SMANegeri 2 Gorontalo Utara.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 25 orang siswa .
Hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 25 orang siswa terdapat 10 orang siswa (40%) memperoleh nilai 75 dengan nilai rata-rata kelas 73,6. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 25 orang siswa yang di kenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 21 orang siswa (84%) memperoleh nilai >75 dan 4 orang sisanya (16%) memperoleh nilai kurang dari
Download berkas