Penulis / NIM
SUSI SUSANTI / 911413129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Susi Susanti. 911 413 129. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory Terhadap Pengembangan Minat Wirausaha Siswa Dalam Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Kelas XI di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Herwin Mopangga, SE, M.Si dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (TF-6M) Terhadap Pengembangan Minat Wirausaha Siswa Dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Pada Kelas XI di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket kepada siswa Kelas XI di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Analisis data dalam penelitian ini yakni regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Model pembelajaran Teaching Factory terhadap Pengembangan minat wirausaha siswa dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada Kelas XI di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Kemudian sebesar 30,2% variabilitas Pengembangan minat wirausaha siswa dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada Kelas XI di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo dapat dijelaskan oleh Model pembelajaran Teaching Factory yang kondusif, sedangkan sisanya sebesar 69,8% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Model pembelajaran Teaching factory, Minat Wirausaha
ABSTRACT
Susi Susanti. 911 413 129. 2017. Effects of Learning Teaching Model Factory Against Development of Entrepreneurial Student Interest In A craft and Entrepreneurship Lesson In Class XI in the Mutual Cooperation SMK Telaga Gorontalo district. Thesis Program S1 Economic Education, Department of Economics, Faculty of Economics. Gorontalo State University, under the guidance of Mr. Herwin Mopangga, SE, M.Si and Mr Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag
This study aimas to determine the effect of the Teaching Learning model factory 6 Steps (TF-6M) Against Development of Entrepreneurial Students Interests In craft and Entrepreneurship Lesson In Class XI in the Mutual Cooperation SMK Telaga Gorontalo district. The data were obtained by distributing questionnaires or questionnaire to Class XI student of SMK Telaga the Mutual Cooperation Gorontalo district, so that the data in this study the primary data. Analysis of the data in this study that a simple linear regression.
These results indicate that there is significant influence of learning Teaching Factory Model to Develop Entrepreneur student interest in craft and Entrepreneurship Lesson in Class XI in the Mutual Cooperation SMK Telaga Gorontalo district. Then 30.2% of variability Development wirasausaha student interest in craft and Entrepreneurship Subjects employees in Class XI in the Mutual Cooperation SMK Telaga Gorontalo district can be explained by the Teaching Model Factory conducive learning, while the remaining 69.8% can be explained by other variables not examined in this study
Keywords: Teaching Learning model factory, Entrepreneurial Interests
Download berkas