Penulis / NIM
EKA SETIARINI / 911413144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Eka Setiarini. Nim. 911 413 144. Judul Skripsi " Pengaruh Cara Belajar Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Kota Gorontalo". Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing (1) Dr. Muhammad Amir Arham,M.E dan Pembimbing (2) Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Cara Belajar Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 190 orang siswa dan sampel berjumlah sebanyak 38 orang siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cara belajar efektif berpengaruh positif terhadap hasil belajar ulangan harian siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Hal ini menandakan bahwa cara belajar efektif yang diterapkan siswa di kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo ada pengaruhnya terhadap hasil belajar ulangan harian siswa, artinya semakin baik cara belajar efektif diterapkan pada diri siswa maka semakin baik hasil belajar yang akan diperoleh siswa.
Kata Kunci: Cara Belajar Efektif dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas