Penulis / NIM
HERIANTI / 911413151
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Herianti. 911 413 151. Penerapan Metode Learning Start With A Question Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 4 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo.Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Bapak H. Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Learning Start With A Questiondalam penerapannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 4 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Adapun penggunaan metode ini didasarkan pada identifikasi awal yakni. (1)Guru belumoptimal dalam menggunakan metode pembelajaranyang digunakan dalam proses belajar.(2)Siswa kurang paham tentang materi yang diajarkan.(3)Siswa kurang tertarik dalam menerima mata pelajaran yang diajarkan.
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu diperoleh data observasi awal terdapat selisih peningkatan sebanyak 5 orang atau 16,67 persen jika dibandingkan dengan siklus I. Selisih antara siklus I dan siklus II ada peningkatan sebanyak 9 orang atau sebesar 30,00 persen. Oleh karena itu, hasil belajar yang dicapai telah melebihi target indikator yang telah ditetapkan yaitu 75 persen karena pencapaian hasil belajar siswa sudah 86,66 persen dan ini sudah dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Learning Start With A Question
Download berkas