Penulis / NIM
SUKMAWATI / 911413154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
Sukmawati, 911413154. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran The Learning Cell Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas Xi IpsSmaNegeri 4 Gorontalo, Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dr. RosmanIlato, M.Pd selaku pembimbing I dan RustamTohopi, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo dengan menggunakan metode The Learning Cell pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 kali siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan metode pembelajaran the learning cell dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada siklus I Menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 28 orang siswa terdapat 67.86% yang memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 25 dari 28 siswa atau 89.29% dinyatakan tuntas belajar.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran the learning cell pada mata pelajaran IPS terpadu kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci :HasilBelajarSiswa, MetodePembelajaranThe Learning Cell
Download berkas