SKRIPSI

Penulis / NIM
ZULVIANA / 911413157
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Zulviana. 911 413 157. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS KelasVIIc SMP Negeri 7 Kota Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIIc SMP Negeri 7 Kota Gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 29 orang siswa dengan 16 laki-laki dan 13 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukuan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan belajar. Berdasarkan penelitian hasil belajar siswa pada siklus I dari 29 orang siswa hanya 13 orang siswa atau 44.83% yang memperoleh nilai di atas 70, dan sisanya 16 orang siswa atau 55.17% memperoleh nilai dibawah 70 dengan daya serap siswa 72.66%. Dengan demikian perlu dilanjutkan kesiklus berikutnya karena belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II Hasil belajar mengalami peningkatan dimana dari 29 orang siswa 26 orang siswa atau 89.66% yang mendapatkan nilai 70 ke atas atau mencapai ketuntasan yang telah ditentukan, dan sisanya 3 orang siswa atau 10.34% yang mendapatkan nilai 70 kebawah atau tidak mencapai ketuntasan dengan daya serap kurikulum sebesar 79.37% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIc SMP Negeri 7 Kota Gorontalo pada mata pelajaran IPS. Melihat keberhasilan tersebut maka hipotesis yang menyatakan "jika diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelasVIIc SMP Negeri 7 Kota Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat" dapat diterima. Kata kunci :Hasil belajar siswa, dan Problem Based Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011