Penulis / NIM
ADETIA BALU / 911413160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Adetia Balu Nim 911 413 160 "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo". Program Studi
S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Dra Hj. Sri Endang Saleh, M.Si dan Pembimbing II Hj. Fitri Hadi Yulia Akib , SE, ME.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada Kelas XI ATU-2 di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 28 orang siswa Kelas XI ATU-2. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II yang terdiri dari variabel input, proses, dan output.
Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas 12 orang (42,86%) sedangkan 16 orang (57,14%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 70,71%. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II yaitu siswa yang tuntas 24 orang (85,71%) dan 4 orang (14,28%) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 81,60% dan 4 orang siswa yang belum tuntas diremedial kembali agar hasil belajar mencapai ketuntasan. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Siswa.
Download berkas