Penulis / NIM
FAZRUL / 911413163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
Fazrul, Nim 911 413 163. "Pengaruh Variasi Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo". Kosentrasi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku Pembmbing I dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Variasi Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 1 Limboto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan variabel penelitian terdiri dari variabel X variasi mengajar guru dan variabel Y hasil belajar siswa yang sampel penelitian berjumlah 86 orang serta teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara kuesioner (angket) dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana.
Hasil penelitian melalui uji t diperoleh Harga thitung lebih besar dari ttabel (8,809 > 1,988), dengan demikian hipotesis H1 diterima sedangkan hipotesis Ho ditolak. Hasil analisis regresi linear menunjukan setiap terjadi perubahan satu unit pada variabel X variasi mengajar guru, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y hasil belajar siswa sebesar 0,843 unit, hal ini berarti bahwa setiap guru menggunakan indikator variasi mengajar, baik variasi gaya mengajar, variasi media dan bahan ajaran serta variasi interaksi akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kemudian variasi Mengajar Guru memiliki pengaruh atau hubungan sebab akibat sebesar 48,0% terhadap hasil belajar siswa dan 52,0% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : Variasi Mengajar Guru dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas