Penulis / NIM
MERI KANGO / 911413164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
Meri Kango. 911 413 164, "Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo". Skripsi. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si. dan Pembimbing II Sri Indriyani S. Dai, SE, ME. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah "Apakah terdapat pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo". Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data observasi, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonmoi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo tahun ajaran 2016/2017 yakni sebanyak 778 mahasiswa.
Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Andanya korelasi yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo yakni dengan hasil nilai koefisien regresi 0.589 atau 58.9%. Data tersebut didukung dengan nilai koefisien determinasi diperoleh nilai R-Square (r2) 0.238 atau 23.8%. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Motivasi Belajar Mahasiswa
Download berkas