Penulis / NIM
VEGI DWI JANUARISTY / 911413165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Vegi Dwi Januaristy. 2016. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas X.C3 MAN Model Gorontalo" skripsi. Kosentrasi Akuntansi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE., ME.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X.C3 MAN Model Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah desain Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah "apakah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya dapat ditingkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas X.C3 MAN Model Gorontalo. Objek penelitian berjumlah 20 orang. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, dan perencanaan tindakan ulang. Teknik pengumpulan data yakni lembar observasi (afektif dan psikomotor) dan lembar penilaian aspek kognitif. Data yang diperoleh selanjutnya diolah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas X.C3 MAN Model Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa pada tahap observasi awal hanya 15% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 65% dan setelah dilaksanakan siklus II meningkat menjadi 85%.
Kata kunci : Tutor Sebaya, Hasil belajar
Download berkas