Penulis / NIM
AGUSTINA MERDEKAWATI. A. M. ADAM / 911413168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
Agustina Merdekawati A.M Adam. 911413168. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Mts, Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo.. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Boby Rantow Payu, S. Si, ME
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VIII di Mts, Negeri 1 LImboto Kabupaten Gorontalo.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa, laki-laki berjumlah 16 orang siswa dan perempuan berjumlah 8 orang siswa.
Hasil menujukan bahwa : penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di Mts, Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo.. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil evaluasi setiap siklus, dimana siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang telah dilakukan tindakan dari 24 orang siswa terdapat 12 orang siswa atau dengan presentase 50% yang memperoleh nilai 75 ke atas, dan pada siklus II yang memperoleh nilai di atas 75 meningkat menjadi 18 orang siswa atau dengan presentase 75%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa peneliti telah mencapai target keberhasilan,tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Model Pembelajaran Problem Based Learning
Download berkas