Penulis / NIM
NUR'AIN DATAU / 911413174
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Nur'Ain Datau, Nim 911413174" Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Ips di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo". Program studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si dan pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan metode pemberian tugas pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tibawa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) sampel penelitian berjumlah 31 orang siswa kelas X IPS. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan penelitian terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari variabel input, variable proses, dan variable output. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan 31 orang siswa terdapat 13 orang siswa atau (41,94%) yang memperoleh nilai 70, sedangkan 18 orang siswa atau (58,06) memperoleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas adalah 61,35%. Presentase ketuntasan belajar tersebut meningkat pada siklus II dimana dari 31 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 25 orang siswa atau (80,65%) yang memperoleh nilai 70 keatas dan 6 orang siswa atau (19,35%) memproleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas adalah 79,35%, maka 6 orang yang tiak tuntas dilakukan remedial.
Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas, Hasil Belajar Siswa
Download berkas