Penulis / NIM
AHMAD FAUZAN AZIS / 911413181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Ahmad Fauzan Azis, Nim 91 14 13 181"Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo"Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Dra. Hj. Salma Z. Bowtha, M.Pd dan bapak Ivan Rahmad Santoso, SEI, M.SI selaku pembimbing I dan pembimbing II.
Rumusan masalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo meningkat ?. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning.
Metode penelitian tindakan kelas ini. Dengan subjek penelitian berjumlah 27 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan analisis refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar test untuk mengukur hasil belajar siswa.
Kesimpulan dengan penelitian ini adalah menjawab hipotesis yang berbunyi "Jika guru menerapkan Model pembelajaran Quantum Learning dalam pembelajaran IPS Ekonomi pokok bahasan Persamaan Akuntansi Jasa, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo" dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 80 meningkat dari 7,40% hasil observasi awal menjadi 40,74% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,18% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 83,33 % pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 40,9% pada siklus I menjadi 86,36% pada siklus II.
Kata kunci: Hasil Belajar, quantum learning
Download berkas