SKRIPSI

Penulis / NIM
ANUGRA A. UNTUBA / 911413182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK ANUGRAH A. UNTUBA. 911 413 182. "Penerapan Model Pembelajaran Direct intrution (DI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Dikelas X ADP 1 SMK Negeri 1 Limboto. Program studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ibu, Dra. Irina Popoi. M.Pd dan Pembimbing 2 Ibu, Hj, Irawati Abdul, SE, M.Si. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan melalui penerapan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) di kelas X ADP 1 SMK Negeri 1 Limboto. Metode penilitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 24 orang siswa dengan 4 orang laki-laki dan 20 orang perempuan di kelas X ADP 1 pada mata pelajaran Kearsipan. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa dikenai tindakan dari 24 orang siswa terdapat 9 orang siswa atau 37,5% memperoleh nilai â 75 sedangkan 15 orang siswa atau 62,5% memperoleh nilai > 75, presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 24 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan 22 orang siswa (91.67%) memperoleh nilai 75 keatas dan 2 orang siswa (8.33%) memperoleh nilai kurang dari 75 kebawah. Dan 2 orang siswa di remedial dengan tujuan agar hasil belajarnya bisa mencapai ketuntasan. Kesimpulan dari peneliti ini bahwa penggunaan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan Di SMK Negeri 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung),Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011