Penulis / NIM
SRI MEGIAWATI YUNUS YUSUF / 911413188
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Sri Megiawati Yunus Yusuf. NIM 911413188 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Amir Arham, M.E, selaku pembimbing I dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si, selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpengaruh Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Hal dapat dilihat dengan keadaan siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu meningkatkan hasil belajar dan siswa dapat termotivasi untuk belajar khususnya pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa
Download berkas