Penulis / NIM
IZHAR AFSANJANI / 911413191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Izhar afsanjani. Nim 911413191"Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Besed Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI IPS3 SMAN 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo" Skripsi. S1 Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan pembimbing II oleh Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah penerapan model pembelajaran Project bassed learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI IPS3 SMAN 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model berbasis proyek pada mata pelajaran IPS ekonomi yang khususnya di kelas XI IPS3 SMAN 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Model yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 21 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, output. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan analisis refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan untuk menilai lembar kegiatan guru, lembar kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Tehnik analisis data dilaksanakan pada saat proses pembelajaran yakni lembar kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa kemudian pada saat akhir pembelajaran dilakukan tes hasil belajar.
Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi "jika guru dalam mengajar menerapkan model pembelajaran berbasis proyek maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XI IPS3 SMAN 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo akan meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 19.04% hasil observasi awal menjadi 42.86% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 85.71% pada siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori baik dan baik sekali meningkat dari 38.89% pada siklus I menjadi 88.89% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk dalam kategori baik dan sangat baian meningkat dari 35.30% pada siklus I menjadi 94.11% pada siklus II. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh pihak sekolah untuk menerapkan model pembelajaran project bessed learning pada saat pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model pembelajaran project bessed learning
Download berkas