Penulis / NIM
USMAN DJABA / 911413193
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas VII A SMP Negeri Molibagu 2019/2020 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri Molibagu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar meningkat setelah diberi tindakan. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar siswa berdasarkan observasi dari siklus I adalah 64 Persen menjadi 79 persen pada siklus II. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar siswa berdasarkan angket dari siklus I adalah 81 persen menjadi 88 persen pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan observasi adalah 53 persen pada siklus I meningkat menjadi 87 Persen pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan angket adalah 87 Persen pada siklus I meningkat menjadi 97 Persen pada siklus II.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas