SKRIPSI

Penulis / NIM
YASTIN / 911413196
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK Yastin. Nim: 911 413 196 "Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Metode Diskusi Kelompok Terbimbing Di Kelas X APK SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango" Skripsi.S1 pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri I Gorontalo. Pembimbing 1 oleh Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II oleh Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Metode Diskusi Kelompok Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 27 orang. Variabel penelitian terdiri dari Variabel input, proses, dan output. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk menilai kegiatan guru, kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan pada saat proses pembelajaran yakni lembar kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa kemudian pada saat akhir pembelajaran dilakukan tes hasil belajar siswa Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang yang berbunyi "Jika guru menerapkan metode diskusi kelompok terbimbing pada pembelajaran Ekonomi di Kelas X SMK Negeri Suwawa Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa akan meningkat" dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: Siswa yang memperoleh hasil belajar maksimal 75 meningkat dari 44,44% hasil observasi awal menjadi 66,67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 88,89% pada siklus II. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh pihak sekolah untuk menerapkan metode Diskusi Kelompok Terbimbing pada saat pembelajaran. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Metode Diskusi Kelompok Terbimbing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011