Penulis / NIM
MUTIA ZULMIATI MAMULA / 911414009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Mutia Zulmiati Mamula, Nim 911 414 009. 2018. "Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Selaku Pembimbing I dan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 31orang.
Hasil penelitian ini menunjukan variasi gaya mengajar guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Dengan kata lain semakin baik variasi gaya mengajar yang dilakukan guru maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Hasil persamaan regresi linear sederhana adalah ... = 26,601 + 0,289x, persamaan tersebut mengandung makna menyatakan bahwa setiap penambahan 1 unit nilai variabel Gaya Mengajar Guru, maka diikuti oleh kenaikan perubahan rata-rata sebesar 0,289 pada variabel hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan hasil koefisien determinasi atau angka R square diperoleh pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 39,7%, sedangkan 60,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Variasi Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar
Download berkas