Penulis / NIM
KARTIN MOLI / 911414013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Kartin Moli, Nim: 911414013. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dibimbing oleh Dra.Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si.
Tujuan pelaksanaan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips kelas VII-C SMP Negeri 1 Tilongkabila dengan menggunakan metode Inkuiri.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas [PTK]. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 25 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dari 25 orang siswa yang memperoleh nilai 75 adalah 59.09%. Selanjutnya, pada siklus II meningkat menjadi 90.91%. Hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Ips Kelas VII-C di SMP Negeri I Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Inkuiri.
Download berkas