Penulis / NIM
SINTIA HUSIN / 911414015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Husin, Nim 911 414 015. 2018. "Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Keuangan Kelas XI Di SMK Negeri 1 Suwawa". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Abd Rahman Pakaya, M.Si Selaku Pembimbing I dan Ibu Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi keuangan kelas XI di SMK Negeri 1 Suwawa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi keuangan kelas XI di SMK Negeri 1 suwawa. Hasil persamaan regresi linear sederhana adalah ... = 26,820 + 0,09X, persamaan tersebut mengandung makna bahwa apabila terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel disiplin belajar siswa maka akan diikuti oleh kenaikan perubahan rata-rata sebesar 0,09 pada hasil belajar. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 11%, sedangkan 89% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti motivasi belajar, minat belajar dan tingkat kemampuan belajar. Dengan demikian hipotesis penelitian : terdapat pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi keuangan kelas XI di SMK Negeri 1 Suwawa teruji kebenarannya.
Kata kunci : Disiplin Belajar Siswa, Hasil Belajar
Download berkas