SKRIPSI

Penulis / NIM
LISNAWATI KIKILO / 911414027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK Lisnawati Kikilo, NIM: 911414027, "Kompetensi Profesional Dosen Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester V Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo". Skripsi. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Hj, Irawati Abdul, SE, M.Si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2018. Tujuan penelitian penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Kompetensi Profesional Dosen dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester V pada Mata Kuliah SBM, Kendala-Kendala apa Yang Dihadapi Oleh Mahasiswa pada Mata Kuliah SBM, dan Upaya-Upaya yang Dilakukan Oleh Dosen dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester V pada Mata Kuliah SBM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jumlah responden sebanyak 7 orang yang terdiri dari 3 orang dosen pada mata kuliah SBM dan 4 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Hasil penelitian ini yaitu : 1. Dosen pengampuh mata kuliah SBM semester V sudah memiliki kompetensi professional, karena setiap memberi/menyampaikan materi perkuliahan selalu berdasarkan indikator kompetensi profesional dosen. 2. Kendala-kendala yang dihadapi oleh dosen dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa semester V pada mata kuliah SBM yaitu : Keadaan lingkungan mahasiswa ,kondisi ekonomi, dan tingkat pengetahuan mahasiswa, tumpang tindih materi. 3. Upaya-upaya dosen dalam megatasi kesulitan belajar mahasiswa semester V pada mata kuliah SBM program studi pendidikan ekonomi adalah dapat dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut : memahami materi perkuliahan secara luas dan mendalam, menggunakan referensi wajib/pendukung dalam perkuliahan, memberikan contoh yang relevan dengan materi yang diajarkan, menghubungkan materi dengan bidang/topik lain, menghubungkan topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan, menggunakan hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan, menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar, dan menguasai teknologi multimedia dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Kesulitan Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011