Penulis / NIM
FITRIA ALHABSYI / 911414037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Fitria Alhabsyi, Nim 911 414 037. 2018. "Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si Selaku Pembimbing I dan Ibu Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Gorontalo. Hal ini dilihat dari hasi persamaan regresi linear sederhana dimana ... = 22,842 + 0,59X, persamaan tersebut mengandung makna bahwa apabila terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel pendekatan saintifik maka akan diikuti oleh kenaikan perubahan rata-rata sebesar 0,59 pada variabel hasil belajar. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 22 persen varians hasil belajar dapat dijelaskan oleh pendekatan saintifik, sedangkan 78 persen ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti kreativitas guru dan motivasi belajar.
Kata kunci : Pendekatan Scientific, hasil belajar
Download berkas