Penulis / NIM
RIRIANI HASAN / 911414042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
ABSTRAK
Ririani Hasan 911414042. '' Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo . Program Studi S1 Pendidkan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Ibu Dr.SriEndang Saleh M,Si dan Bapak Boby Rantow Puyu., S.Si,ME .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pengelolaan KelasTerhadap Motivasi Belajar Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan menggunakanan alisis statistik uji regresi linear sederhana, sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa . hasil analisis diperoleh tanda keofisien regresi untuk variaabel X ( Pengelolaan Kelas ) yang positif . ini menujukan bahwa Pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa .
Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh Pengelolaan kelas terhadap Motivasi Belajar SiswaPada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Hasil persamaan regresi linear sederhana antara Pengelolaan kelas dengan Motivasi belajar siswa yaituY= 15,651 +0,902x,persamaan tersebut mengandung makna bahwa apabila terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel pengelolaan kelas maka akan diikuti oleh kenaikan perubahan rata-rata sebesar 0,902 pada variable Motivasi belajar siswa. Selajutnya ,hasil penelitian ini menujukan bahwa terdapat 57,0 % variasi motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh pengelolaan kelas,sedangkan 43 % di pengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci :PengelolaanKelasdanMotivasiBelajar
Download berkas