Penulis / NIM
SELVIKA M. ZAKARIA / 911414048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
ABSTRAK
Selvika M. Zakaria, Nim 911 414 048. 2018. "Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra.Hj. Salma Bowtha, M.Pd Selaku Pembimbing I dan bapak Boby Rantow Payu, S.Si, ME Selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang dari 120 populasi yang ada.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ModelTwo Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap hasil belajar di SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Pengaruh positif ini bermakna bahwa semakin baik penerapan model Two Stay Two Stray yang dilakukan oleh guru maka hasil belajar siswa juga akan semakin meningkat. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh model Two Stay Two Stray dapat di jelaskan oleh hasil belajar sebesar 35,5%, sedangkan sisanya sebesar 64,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian hipotesis penelitian: terdapat pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar di SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Two Stay Two Stray, hasil belajar
Download berkas