Penulis / NIM
OKTAVIANI MOHUNE / 911414056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Abstrak
ABSTRAK
Oktaviani Mohune, Nim 911 414 056. 2018. "Pengaruh Penerapan Sistem Moving Class Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Selaku Pembimbing I dan ibu Dr. Heldy Vanni Alam, S.Pd., M.Si Selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem moving class terhadap efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 orang dari 122 populasi yang ada.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: sistem moving class berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Hasil persamaan regresi linear sederhana menunjukkan = 19,996 + 0,71X, persamaan tersebut mengandung makna apabila terjadi perubahan sebesar 0,71 pada variabel efektivitas pembelajaran. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 47%, sedangkan 53% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti kreativitas guru. Dengan demikian hipotesis penelitian : terdapat pengaruh moving class terhadap efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo teruji kebenarannya.
Peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menggunakan moving class sebaiknya memperhatikan fasilitas yang ada di sekolah tersebut.
Kata kunci : Moving Class, efektivitas pembelajaran
Download berkas