Penulis / NIM
SRIYANA M. AHMAD / 911414057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Sriyana Ahmad, NIM: 911414057, "Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa JurusanTeknik Komputer Jaringan (TKJ) Di SMK Negeri 2 Gorontalo Utara". Skripsi. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd. dan Pembimbing II Rustam Tohopi S.Pd, M.Si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Negeri 2 Gorontalo Utara.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 129 orang siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) kelas X dan XI, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random samplingsehingga sampel yang diambil berjumlah 33 orang siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini"apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa JurusanTeknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 2 Gorontalo Utara.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan di uji sesuai uji validitas, reliabilitas, hipotesis, korelasi, dan uji t, menunjukan bahwa instrument penelitian dinyatakan valid, reliabel, terdapat pengaruh positif variabel profesionalime guruterhadap variabel hasil belajar siswa, terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y, dan signifikan (berarti).
Sebagai kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa. Sesuai dengan pengujian hipotesis maka kompetensi profesional guru memiliki indikasi positif pada peningkatan hasil belajar siswa. Semakin baik guru melaksanakan kompetensi Profesional guru maka hasil belajar siswa semakin baik.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Siswa
Download berkas