Penulis / NIM
RAMDAN A ISA / 911414074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Ramdan A. Isa. Pengaruh Keterampilan Memberi Penguatan Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas XI MA. Cokroaminoto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Progrram Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Irina Popoi, Mpd selaku pembimbing I dan Hj Irawati Abdul, SE, M.Si, selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Keterampilan Mengajar Memberi Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas XI IPS MA. Cokroaminoto Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistic uji regresi linier sederhana dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh keterampilan memberi penguatan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang di uji sesuai dengan uji validitas yang menunjukan instrument itu valid. Uji reabilitas yang menunjukan variabel X reliabel, kemudian dilakukan uji normalitas yang menunjukan bahwa variabel X berdistribusi normal. Pengujian hipotesis determinasi, dan uji t, di peroleh nilai Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas XI MA.Cokroaminoto Kabupaten Gorontalo adalah sebesar 46,4% dan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Keterampilan Memberi Penguatan, Motivasi Belajar
Download berkas