Penulis / NIM
RENI LIPUTO / 911414090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Reni Liputo. NIM: 911414090. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII1 SMP Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo", Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku pembimbing I dan Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII1 Di SMP Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble memiliki dampak yang begitu besar terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu. Oleh karena itu berdasarkan hipotesis tindakan yang telah peneliti rumuskan sebagai berikut: ''Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa" dapat diterima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble dan Hasil Belajar
Download berkas