SKRIPSI

Penulis / NIM
MAYA SYAFIRA USMAN / 911414100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK MAYA SYAFIRA USMAN. 911 414 100 ..."Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.(Dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Sri Endang Saleh, M.Si dan Bapak Hi. Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Guru dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango, juga untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Guru dalam membentuk karakter siswa, dan bagaimana upaya mengatasi kendala-kendala Guru dalam membentuk karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang diperlukan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan dengan IFAS matriks diperoleh score 2,26 untuk Guru dalam hal strategi membentuk karakter siswa melalui pembelajaran IPS terpadu telah mencoba untuk memanfaatkan kekuatan untuk mengurangi kelemahan, sedangkan EFAS matriks diperoleh score 2,60 dalam hal ini strategi Guru dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran IPS terpadu telah berusaha untuk memanfaatkan peluang untuk menghindari ancaman. Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa strategi guru dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango cukup baik setelah dianalisis SWOT. Kedalam analisis tersebut diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi Guru dalam membentuk karakter siswa. Faktor lingkungan internal untuk meningkatkan strategi Guru dalam membentuk karakter siswa yaitu: Faktor Kekuatan (Strenghts). a) Peran Guru didalam kelas, b) Program Lima Hari Sekolah (LHS), c) Kurikulum 2013, d) Sekolah rujukan, e) Visi misi sekolah. Kelemahan (Weaknesses). a) Guru membatasi 4 nilai karakter didalam RPP, b) Siswa lebih banyak menghabiskan waktu diluar sekolah, c) Pendidikan karakter bersifat terus-menerus. Faktor lingkungan eksternal untuk meningkatkan strategi Guru dalam membentuk karakter siswa yaitu: Faktor Peluang (Opportunities). a) Perpres No. 87 Tahun 2017, b) Kepercayaan masyarakat pada sekolah, c) Guru bersertifikasi. Ancaman (Threats). a) Dampak negatif media sosial, b) Orangtua tidak mendukung Guru, c) Pengaruh lingkungan tempat tinggal siswa, d) banyaknya permasalahan sosial remaja. Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011