Penulis / NIM
HILMA BOUTI / 911414108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Hilma Bouti. 911414108. "Penerapan Pembelajaran Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-9 SMP Negeri 1 Gorontalo". Skripsi Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2018. Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si Dan Pembimbing II Ibu Melizubaida Mahmud , S.Pd.,M.Si.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 1 Gorontalo dengan menggunakan Metode Problem Solving pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 kali siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 1 Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu dan dapat dijadian sebagai salah satu alternative dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 31 orang siswa terdapat 19 siswa atau 61.29% yang memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 29 dari 31 siswa atau 94% dinyatakan tuntas belajar.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan metode Problem Solving pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-9 SMP Negeri 1 Gorontalo mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Problem Solving.
Download berkas